Kamis, 03 September 2015

Si Kembang Kapas


Bila rindu ini, masih milikmu,

kuhadirkan sebuah, tanya untukmu .. 
harus berapa lama, aku menunggu mu... 

Lahh nyanyi ***

Ya tapi begitulah, kesannya pas pertama liat bunga ini , jadi MElly goesLaw.. alias Mellow.
tp ndak tau namanya, kayak kapas. . iya kembang kapas mungkin.
Melewati pematang calon perumahan yang berisi kembang kapas ini, kesannya syahdu, dan dalem banget
Saat melihat kelopak-kelopaknya yang mulai menguning kemudian kering.
Namun masih menempel dan berpegang erat pada tangkai,

Yuk, belajar sedikit tentang kapas ini.


Tanaman kapas merupakan tanaman yang berbentuk semak-semak, dalam keadaan tertentu dapat tumbuh tinggi sampai beberapa meter. Tetapi kesemuanya tergantung jenis dan kesuburan tanah. Kapas termasuk dalam famili Malvaceae dengan genus Gossypium.


Si cantik – Kapas ini merupakan tanaman serat yang penting di dunia. Serat utama dari tanaman kapas adalah rambut biji yang panjang (`lint`), yang digunakan untuk membuat benang dan dipintal dalam pabrik tekstil, baik digunakan sendiri atau dikombinasi dengan tanaman lain, serat binatang atau serat sintetik. Serat kapas juga dibuat menjadi produk lain seperti benang jahit, tali dan jaring ikan. Potongan tekstil kapas dan kain digunakan dalam industri kertas untuk menghasilkan kertas tulis, buku dan kertas gambar. 

Mulur saat putus serat kapas termasuk tinggi diantara serat-serat selulosa alam, kira-kira dua kali mulur rami. Diantara serat alam hanya sutera dan wol yang mempunyai mulur lebih tinggi dari kapas. Mulur serat kapas berkisar 4 – 13 % bergantung pada jenisnya dengan mulur rata-rata 7 %.

Jadi selain bisa sebagai inspirasi tanaman di pekarangan, bisaa banget diproduksi dalam jumlah massal. 


btw itu kebun yang ditanam i kapas ngomong-ngomong cuma di tanam i di bagian pinggir saja, hmm kenapa ndak sekalian aja ya, daripada tumbuh ilalang --





Tau gak, pohon kapas ini beda sama Randu, Lho ..
Kalau Randu, itu yang lebih baik batang maupun buahnya, bahkan dapat memiliki batang pohon yang cukup besar hingga mencapai diameter 3 m. 
kalau yang ini namanya yg Randu .. 

Sumber : google.
 Kalau pohon Randu ini sudah sering kulihat sejak kecil. Dulu saat aku tinggal di Boyolali, yang notabene deket sama pabrik Tekstil. 



0 komentar:

Posting Komentar