Jumat, 16 Oktober 2015

Recruitment HPI-AGRO

Ini judul aslinya mlipir di detik-detik terakhir..

Baiklah sambil deg-degan menunggu pengumuman seleksi, saya akan cerita tentang pengalaman kemarin mengikut Seleksi di HPI Agro. Informasi lowongan saya dapatkan dari cdc.uns.ac.id, disana ada beberapa katagori lowongan untuk HPI Agro, dan satu-satu posisi yang bisa saya lamar adalah Research and Development. Menurut informasi di web, batas akhir lamaran sih sampai tanggal 15 Oktober, tapi saya mendapatkan sms pada tanggal 9 Oktober, untuk mengikuti proses recruitment di tanggal 12 Oktober. Intinya disini, as soon as posibble, jadi kalau ada lowongan segera aja di lamar, jangan nunggu expired. Soalnya ada teman saya kemarin yang belum sempat mendaftar karena berpatokan tanggal akhirnya 15 Oktober.

Saat itu aku juga mendaftar untuk Program Medical Delegate Trainee Nestle, dan ada panggilan untuk interview juga tanggal 12 Oktober, sama-sama di UNS. Yahh , galauu kan, setelah diskusi sama bapak, akhirnya aku memutuskan untuk berangkat seleksi Nestle, dengan pertimbangan, HPI Agro penempatannya jauuh, diluar Jawa (*padahal itu yang aku pengen). Kusiapkan segalanya sampai dalam tiga hari ini aku baca-baca blog, belajar tentang Nestle, dan belajar FGD.

And then, the day is coming, pagi sekali sekitar jam setengah 6 aku udah berapakaian rapi siap berangkat ke UNS. Bersama seorang teman, kita menuju ke gedung LPPM UNS, disana juga tampak banyak para jobseeker berpakaian rapi. Waktu itu tepat jam 8.45 setelah aku akhirnya memutuskan untuk cabut dari sini “(-seleksi Nestle). Yahh akhirnya aku benar-benar cabut, dan menuju gedung ICT FP UNS. Tak banyak pertimbangan sebenarnya, hanya mengikuti kata hati, dan juga passion saya lebih besar ke perkebunan, khususnya it s about nursery.

Bismillahirohmanirrohim, memasuki gedung B FP UNS, lantai dua tepat nya ICT. Disana ternyata juga sudah banyak Jobsekeer menantikan recruitment ini. Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya kami dipanggil untuk memasuki ruangan. Sementara memasuki ruang audisi *whehehe,, kita juga dibagikan lembaran data diri. Amazing, ruangannya ternyata tidak cukup untuk menampung kami, mungkin dari pihak HPI juga tidak menyangka kalau animo nya segitu besar, walaupun saat itu berbarengan dengan seleksi Nestle. Dan nyatanya yang dateng kesini sebagian juga sama sepertiku, mlipir di detik-detik terakhir dari Nestle.

Proses Recruitment..

Pertama-tama, ada presentasi tentang HPI Agro yang disampaikan tim HRD, nahh karena aku belajarnya kemarin Nestle, aku memang belum bnyak tau tentang HPI Agro- Hartono Plantation Indonesia-AGRO. HPI-Agro merupakan salah satu anak perusahaan PT Djarum. Ada Perkebunan Sawit di Pontianak Kalimantan, serta yang baru-baru di buka ini ada perkebunan Tebu dan Cengkeh di Sumba, Nusa Tenggara, ada juga yang di Tomohon, Sulawesi. Untuk recruitment kali ini, dibutuhkan banyak tenaga untuk pembukaan lahan baru yaitu tebu.
Setelah mendengarkan presentasi ini, aku semakin tertariik untuk bergabung disni, ya Alloh kabulkanlah..

Kebetulan Recruitmen kali ini saya melamar di bagian Research and Development dan penempatannya adalah di Perkebunan Tebu, di Sumba Barat Daya, salah satu spot shooting MTMA gaess :D. Untuk posisi ini, bisa dilamar dari Jurusan Biologi dan Agrotek. Kebetulan dari Biologi aku bersama dua orang temanku.

Proses Recruitment terdiri dati tiga tahap dalam satu hari, dengan sistem gugur,

#Tahap 1 Test Psikologi, ya seperti test pada umumnya, menggambar :D , dan dilanjutkan test koran, tahap 1 ini kalau tidak salah diikuti sekitar 50 an peserta, test berlangsung selama 1,5 jam.
Lalu kami disuruh menunggu 15 menit untuk menunggu hasil test, dan pengumuman yang lolos ke tahap berikutnya,, Jengjeng, ada sekitar 25 orang yang dinyatakan lolos, dan lanjut ke tahap berikutnya saat itu juga. Alhamdulillah lolos, walau dengan perut melilit karena lapar setelah mengerjakan tes koran, hehe.
Tips nya jangan mudah menyerah, dibutuhkan mental yang kuat untuk mengerjakan tes koran ini, semakin ke tengah cobaannya semakin kuat, rasane pengen berhenti saat itu juga. But, live must go on.. jd harus Semangaaaattt!!

#Tahap 2 Test Hitungan, isinya ya hitungan2 gitu, soal cerita dan deret matematika. Saat mengerjakan test ini, disertai dengan perut keroncongan, tp ya alhamdulillah selesai. Dan kami diberikan waktu satu jam untuk menunggu pengumuman hasil test, sambil ISHOMA (*inii yang daritadi aku tunggu,, pengen Soto di kantin Pertaniaan :D)

Tips tahap ini : yaa sabar ada hitung yang mudah dan susah. Kerjakan saja dulu bagian yang mudah, lalu tinggalkan dulu soal yang sulit.. karena waktu teruss berjalan,

#Tahap 3, Interview,, akhirnya dari 25 orang, terpilih 14 orang untuk mengikuti tahap interview, yang terdiri dari Interview HRD dan interview sama USER. Kemarin wawancara sama Pak Eko, beliau adalah mantan dosen Undana yang mengambil pensiun dini untuk pindah ke Perkebunan..

Duhh sedikit nyezell, karena aku kmrn kok yaa lebih prefer belajar ke Nestle, jadi ini terlupakan.--- Karena terlalu nyaman di zona aman.. walhasil sudah jarang baca2 lagi bidangku, lbh banyak ke pertanian soalnyaah.. tapi takkan kusesali.

Hmm well sekarang tinggal nunggu hasilnya,, I HOPE THE BEST.. YA ALLOH ...

Sebetulnya kemarin dari 3 orang Biologi, aku satu-satunya yang lolos sampe wawancara User,,
Aku sudah berusaha semaksimal mungkin,,dan aku tau Alloh know the best. Mohon doanya juga dari reader,, yaa :). Terimakasiih sudah berkunjungg :))

8 komentar:

  1. waow.. kerenn tiaz..hehe WIN :p

    BalasHapus
  2. sudah diterima di HPI Agro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Alhamdulillah di HPI sekarang,,

      Hapus
    3. tyas kira2 tesnya psikologinya sama dengan yang bidang lain?

      Hapus
  3. Aku lg lamar nih di hpi, interviewnya nanya apa aja? Apa boleh minta bocorannya? Mkasih

    BalasHapus
  4. mba tyas.. mba tyas hpi nya yg dimana?

    BalasHapus